organ tunggal

Tuesday 19 April 2016

BISNIS USAHA DAN CARA MEMBUAT TAPE KETAN HITAM MANIS

Inilah rahasia cara membuat tape ketan hitam manis maknyus

 

Cara membuat tape ketan hitam sebenarnya cukup mudah namun sebenarnya ada sedikit rahasianya. Tape ketan hitam rasanya manis serta ada sedikit kadar alkoholnya. Oleh sebab itu tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak melainkan hanya sekedarnya saja. Rasa manis yang terkandung dalam tape ketan hitam bukan berasal dari manisnya gula, namun berasal dari glukose ( kadar gula ) beras ketan hitam sebagai hasil dari fermentasi.
Resep tape ketan hitam ini merupakan peninggalan para leluhur kita lho bunda, sehingga asal tahu saja bahwa generasi sekarang sudah sangat jarang sekali yang mampu membuat tape ketan hitam yang mempunyai cita rasa sama dengan para orang tua kita sekarang. Dan anehnya pula para pembuat tape ketan hitam saat ini sebagian besar terdiri dari nenek nenek, sehingga kita sering memesan untuk membuat tape ketam hitam ini. Dengan demikian kalau kita tidak dapat menjaganya, maka dalam waktu singkat resep tape ketan hitam akan hilang selamanya.
advertisements
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat tape ketan hitam, sehingga jika tidak dipenuhi kemungkinan besar hasilnya tidak maksimal dan tidak sesuai yang diharapkan. Salah satu rahasia cara membuat tape ketan hitam yakni bahwa semua peralatan harus benar benar bersih. Jika anda tidak bisa menjaga kebersihan peralatan yang digunakan akan berdampak pada hasilnya.
Kegagalan dalam membuat tape ketan hitam seperti : tidak manis, cepat berjamur, dan tampilannya kurang lembut. Bahkan setelah disimpan beberapa hari kadang kala masih tetap belum terjadi fermentasi. Untuk itu sebaiknya bunda dan sis sekalian benar benar memperhatikan petunjuk cara membuat tape ketan hitam ini.

Resep tape ketan hitam sih sebenarnya cukup sederhana dan tidak ada yang istimewa, namun demikian pada kenyataannya banyak bunda bunda yang gagal saat mencoba membuat tape ketan hitam ini. Padahal cukup udah lho bunda kalau tahu cara dan resepnya. Yang penting untuk bunda ketahui bahwa rasa manis yang terkandung dalam tape ketan hitam ini bukan berasal dari gula pasir karena pembuatan tape ketan hitam tidak menggunakan gula pasir sedikitpun. Rasa manis timbul akibat positif dari hasil fermentasi ragi tape.
Ragi tape mempunyai peranan sangat penting dalam proses fermentasi, sehingga disarankan untuk membeli ragi tape kualitas terbaik. Saat ini ragi tape di jual dalam tampilan bulat pipih. Bunda dapat membelinya di pasar pasar tradisional. Dan harganya cukup murah kok bunda. Jika semua peralatan dan bahan sudah ada, yuk bunda mari kita mulai membuat tape ketan hitam manis dan mantap.
Bahan bahan
  • Ketan hitam : ± 500 gram ( ½ kg ).
  • Ragi tape : 2 butir.
  • Daun pisang secukupnya.
Cara membuat tape ketan hitam
  • Pertama buang kotoran dalam beras ketan hitam. Cuci bersih ketan hitam hingga benar benar bersih. Lakukan hingga beberapa kali pembilasan dan pastikan air bilasan bersih.
  • Rendam beras ketan hitam semalaman, karena beras ketan hitam ini terkenal keras. Kemudian buang air rendaman dan bilas hingga bersih.
  • Kemudian masukkan dalam panci dan tuang air bersih hingga melebihi ketan hitam. Tinggi air sekitar satu ruas jari telunjuk dari permukaan beras ketan hitam. Lalu taruh di atas api sedang. Setelah air rebusan mendidih aduk aduk supaya merata tingkat kematangannya. Tunggu hingga air rebusan habis dan aduk aduk kemudian angkat.
  • Selanjutnya siapkan langseng dan masukkan air secukupnya untuk mengukus. Setelah air langseng mendidih masukkan aronan ketan hitam.
  • Tunggu sampai 45 menit hingga 1 jam ( matang ) dan angkat langseng.
  • Lalu taruh dalam nampan yang sebelumnya telah di beri alas plastik dulu supaya tidak lengket. Biarkan dingin secara alami dan sekali kali boleh di balik supaya dinginnya merata
  • Sementara itu hancurkan 2 butir ragi tape hingga benar benar hancur.
  • Pastikan ketan hitam benar benar telah dingin secara merata.
  • Taburkan ragi tape dengan menggunakan ayakan. Pastikan semua mendapatkan bagian ragi merata. Bolak balikan ketan hitam. hal ini untuk memastikan bahwa setiap bagian ketan hitam mendapatkan ragi yang sama persis. Hal ini berguna supaya proses fermentasi merata.
  • Bersihkan daun pisang hingga benar benar bersih.
  • Siapkan wadah untuk penyimpanan. Dan letakkan daun pisang didalamnya. Letakkan ketan hitam yang telah diberi ragi tape dan tutup dengan daun pisang hingga rapat.
  • Tunggu sekitar 3 hingga 4 hari.
  • Tape ketan hitam manis maknyus siap di konsumsi.
Asalkan bunda mengerjakannya dengan dan tertib maka yakinlah akan berhasil. Dan yang paling penting jaga kebersihan saat membuat tape ketan hitam ini. Demikian resep tape ketam hitam manis dan cara membuat tape ketan hitam.
Bagaimana sih cara membuat tape ketan hitam yang manis itu?.. Inilah pertanyaan yang seringkali saya dengarkan dari para Ibu-ibu tetangga. Memang rata-rata orang sudah bisa membuat tape, tapi untuk yang memiliki rasa yang manis dan lembut, sepertinya jarang-jarang yang bisa. Kenapa demikian?,,, Kalau dijawab mungkin banyak kemungkinannya, yaitu bisa jadi karena terlalu matang menanak beras ketannya, kurang rata peragiannya, kurang atau kelebihan air, kualitas ragi yang kurang baik, dsb. Jadi harus teliti dan melakukan hal-hal seperti dalam resep dengan benar, supaya hasilnya mantap dan banyak menuai pujian. Baca juga : Masak beras Ketan mudah dengan ricecooker
Advertisement

Berikut cara membuat tape ketan hitam yang manis dan enak, pasti suka!

Bahan :

  1. 1/2 kilo beras dulu, jangan banyak-banyak Bu
  2. Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  3. 2 gelas air bersih
  4. Gunakan 2 butir ragi untuk membuat tape seperti biasanya
  5. Bisa menggunakan gula pasir jika menghendaki rasa yang lebih manis, yaitu gula halus dengan takaran 2 sendok makan saja.

Cara Membuat :

  1. Beras ketan hitam dicuci dulu sampai bersih betul.
  2. Rendam ketan hitam pada malam sebelumnya supaya empuk, karena  jenis beras ketan hitam ini lebih keras.
  3. Jika selesai direndam pada keesokan harinya, ambil dan iriskan.
  4. Setelah selesai ditiriskan hingga kesat, kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengah matang. Jika menginginkan lebih cepat dan mudah, bisa di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah agak matang beras ketan hitam kemudian diangkat dan dikukus.
  5. Sementara beras ketan dikukus, persiapkanlah air panas sebanyak 2 gelas.
  6. Pada saat beras ketan yang dikukus tadi sudah mengepulkan uap panasnya, siram siram atasnya dengan air panas yang 2 gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sambil diaduk-aduk sampai semua beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan menjadi matang.
  7. Jika sudah matang, angkat beras ketan, taruh kedalam nampan atau tampah yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan yang sudah diratakan dalam nampan tadi sudah benar-benar menjadi dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya.
  8. Ambil wadah berukuran sedang, beri alas daun pisang yang rapi/menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah diber alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi hingga rata. Bisa juga ditambahkan gula halus/kastor secukupnya(opsional/tidak juga tidak apa-apa).
  9. Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, taburi ragi lagi diatasnya dan gula halus. Lakukan proses ini seterusnya hingga ketiga, keempat, atau sampai bahan habis.
  10. Tambahkan daun pisang untuk menutupi permukaan bakal tape buatan Anda tersebut dengan baik dan benar-benar rapat(bisa menggunakan 2 lapis daun pisang atau ditambah dengan kain serbet yang bersih). Tutup kembali wadah dengan tutupnya hingga rapat, kemudian hanya didiamkan selama 3 hari 2 malam. Taruh wadah bakal tape tersebut di tempat yang hangat.
  11. Jika sudah 3 hari hari 2 malam, tapi ketan baru boleh dibuka. Walaupun hanya sekedar menengok, jangan pernah dibuka sebelum jatuh tempo 😀 karena proses fermentasinya bisa terganggu. Kalau hanya mencium baunya dari luar sih tidak apa-apa, dan walaupun belum genap 3 hari, jika baunya sudah kuat, tape ketan sudah boleh dibuka dan di hidangkan.
Demikian cara membuat tape beras ketan hitam yang manis, sedap , dan tidak masam. Hmm, rasakan kelezatannya dengan dimakan bersama es puter, atau hanya begitu saja
- See more at: http://resepcaramemasak.org/cara-membuat-tape-ketan-hitam-yang-manis#sthash.dJ6w4ndR.dpuf
Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang Manis
Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang ManisVUGVIUVCHGCHJGCGJJH

No comments:

Post a Comment