organ tunggal

Monday 25 April 2016

usaha mendirikan tempat pangkas rambut

TIPS MEMBUKA USAHA PANGKAS RAMBUT

Selama rambut masih tumbuh, maka orang akan selalu datang kebarbershop untuk merapikannya, Memang usaha yang satu ini cukup menjanjikan (prospektif) untuk dijalankan.
Bila anda tertarik membuka usaha barber shop ( pangkas rambut) saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang usaha ini.
Perhatikan di sekitar lingkungan Anda, apakah sudah banyak atau masih jarang tempat usaha pangkas rambut. Bila penduduk di sekitar tempat yang akan kita buka usaha tersebut padat penduduk, maka anda bisa untuk membuka usaha dan hitungan balik modalnya lebih cepat.
Beberapa hal yang diperlukan guna mewujudkan membuka
usaha pangkas rambut (Barber Shop), seperti :
1. Peralatan pangkas rambut antara lain; kursi barber, alat potong , mesin cukur, gunting potong, gunting sasak, pisau cukur ,sisir, sabun, kain pelindung, handuk, kaca besar depan- belakang, meja rias, penjepit handuk atau kain dan lain lain.
Untuk mengetahui harga peralatan tersebut di atas, silakan Anda cari informasi karena harga berubah-ubah. Namun sebagai gambaran, berikut contoh perkiraan harga peralatan untuk membuka usaha pangkas rambut (barber shop).
– seperangkat alat potong rambut lengkap diperkirakan
Rp. 1.000.000,- hingga Rp 2.000.000,-
– Kursi sedikitnya 2 set diperkirakan seharga Rp 2.000.000,-
hingga Rp 4.000.000,-
– Tempat bila diasumsikan menyewa harganya kira- kira
Rp. 10.000.000,- per tahun
– Air Condition
(AC) diperkirakan seharga Rp. 3.000.000,- (1 PK)
Maka total awal permodalan yang harus
disediakan sebesar Rp. 20.000.000,-
2. Ruang atau lapak untuk membuka usaha pangkas rambut.
Untuk membuka lahan usaha pangkas rambut ada beberapa kemungkinan, bisa menggunakan lahan pribadi, atau menyewa kepada yang mempunyai tempat.
Tapi bila anda memiliki tempat sendiri itu lebih dapat bertahan lama dibandingkan tempat yang disewa,
Kemudian rancang ruangannya senyaman mungkin, seperti
dipasangi AC atau kipas angin. Kenyamanan penting sekali untuk diperhatikan guna menarik minat konsumen.
Karena pelanggan yang loyal itu bisa berawal dari kenyamanan yang dirasakannya atau dari hasil pangkas rambut yang sesuai dengan permintaannya.
3. Tentukan tarif jasa pangkas rambut
Setelah peralatan dan tempat sudah siap, segeralah memulai Usaha Pangkas Rambut (Barber shop).
Jangan sampai lupa untuk menentukan sejak awal tarif yang akan dipasang kepada pelanggan.
4. Tukang pangkas.
Inilah yang menentukan berhasil atau tidak nya usaha anda, carilah tenaga ahli pangkas rambut yang telah berpengalaman lebih dari lima tahun untuk usaha rintisan anda, biasanya tukang pangkas yang telah berpengalaman akan mengetahui barbagai jenis gaya rambut pelanggan, dan juga mengetahui trik menjaring pelanggan, dan usahakan agar usaha anda dikelola oleh minimal dua orang tukang pangkas, untuk permulaan.
Baiklah dalam berbisnis kita harus hitung hitungan, maka
akan saya hitung penghasilan dalam usaha barber shop.
Kalau misalnya, harga dipukul rata Rp. 15.000,- per kepala lalu asumsikan sehari saat membuka usaha ini mendapatkan 10 pelanggan, dari satu tukang mengerjakan rata rata 5 orang, maka sebulan sama dengan Rp. 4.500.000,-. Lalu hitungan bagi hasil antara anda dan tenaga barber lebih kurang 50:50, maka hasil anda Rp. 2.250.000, per bulannya.
Jalankanlah usaha ini dengan sabar, apabila semakin lama usaha ini meningkat omset hariannya dan terus meningkat setiap bulannya, carilah seorang lagi tenaga ahli yang bisa diajak kerjasama guna melayani pelanggan lain.
Demikian penjelasan Buka Usaha Pangkas Rambut (Barber Shop), Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment