organ tunggal

Monday 25 April 2016

tips usaha salon kecantikan yang sukses

Secara teknis usaha Salon dapat diklasifikasikan  menjadi :
Salon Umum
Ini merupakan jenis salon sebagaimana sering Anda jumpai saat ini,menyediakan berbagai layanan mulai dari perawatan rambut, kuku, hingga perawatan kulit.  Bahkan Anda juga bisa mulai menawarkan produk-produk perawatan rambut dan kulit tersebut untuk para konsumen Anda.

Salon untuk Wanita Muslim
Salon yang saat ini tidak membedakan pelayanannya untuk pria dan wanita.  Semu pelayan salon digabung menjadi satu.  Jarang ada pemisahan ruangan salon khusus untuk pria dan wanita.  Nah, hal ini kadang membuat wanita muslim khususnya yang mengenakan jilbab merasa risih.  Belum lagi kalau mendapat kapster pria.  Maka dengan adanya salon khusus wanita muslim ini pasti bisa menjadi solusi bagi yang membutuhkan pelayanan ekstra.

Salon Khusus Anak-Anak
Ide salon jenis ini adalah perasaan anak-anak yang takut saat diajak ke salon.  Entah karena suasananya yang dianggap tidak ramah terhadap anak-anak atau malah melihat peralatan salon yang bertebaran.  Nah, dengan adanya salon untuk anak-anak ini, Anda bisa menciptakan salon dengan suasana yang khas untuk anak-anak.  Misalnya: potong rambut sambil main video game atau nonton film kartun kesukaan mereka.  Sementara menunggu giliran, sediakan pula arena bermain untuk mereka atau perpustakaan dengan koleksibuku anak-anak yang menarik.
            
Pengembangan bisnis selanjutnya : untuk orang tua yang mengantar bisa disediakan butik.  Jadi sementara anak potong rambut, orang tua (ibu) bisa berbelanja.  Anda bahkan bisa menyediakan café bagi orang tua atau siapapun yang menunggu.

Salon Khusus untuk Karyawan
Salon ini khusus untuk melayani karyawan, jadi pelayanan yang ditawarkan hanyalah perawatan rambut dan wajah yang simpel dan tidak memerlukan waktu lama.  Misalnya hanya cuci, potong blow dan make up.  Karena khusus melayani karyawan, alangkah baiknya kalau salon ini buka pagi-pagi sekali, sebelum jam kantor, agar karyawan yang malas atau belum sempat dandan dari rumah bisa mampir ke salon dulu.  Nah, saat istirahat jam kantor, kita menyediakan layanan creambath, menicure-pedicure, atau pijat refleksi.  Tentunya semua dengan tarif karyawan lho.
            Pengembangan bisnis selanjutnya : misalnya sediakan menu sarapan bagi pelanggan salon.

Salon ini memang diarahkan untuk menyegarkan pikiran sekaligus membantu mengembalikan perasaan nyaman kepada pasien atau siapapun yang berada di rumah sakit.  Jenis salon ini bisa dikembangkan lebih baik lagi dengan membuat suasana yang beda dari suasana rumah sakit.  Jadi setiap pelanggan akan Anda sambut seakan-akan mereka adalah orang yang sehat.  Pada saat mereka keluar dari salon Anda, mereka akan merasa bugar dan memiliki perasaan positif dalam menjalani masa berat mereka di rumah sakit.  Yang perlu Anda pertimbangkan adalah jenis perawatannya yang selalu berhati-hati melakukan praktik agar selaras dengan program pemulihan/penyembuhan yang sedang dijalankan pelanggan Anda.
Aspek persiapan teknis yang harus diperhatikan, antara lain:
1.      Secara teknis operasional mendirikan usaha salon cukup mudah tidak perlu areal lahan dan bangunan yang luas.Usaha ini dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan ruangan yang ada. Ruang dapat ditata sedemikian rupa sehingga memiliki kesan yang bersih, rapih dengan disai interior yang menarik.
2.      Perlengkapan yang dibutuhkan seperti: kursi salon, mesin pemanas rambut, pengering rambut, tempat tidur untuk facial, tempat untuk cuci rambut,  cermin besar yang melingkar di dinding, troley untuk tempat peralatan, alat-alat salon seperti sisir dan gunting, set manicure-pedicure, handuk dll.  Semua perlengkapan salon ini mudah diperoleh di pasar.
3.      Ketersediaan tenaga profesional seperti hair stilist dan beautician minimal harus tersedia 3 orang adalah faktor kritis yang harus diperhatikan

ASPEK LEGALITAS
Surat permohonan izin untuk membuka salon kecantikan yang memakai jasa seorang spesialis kecantikan/beautician, ditujukan kepada Kepala Dinas Pariwisata.  Persyaratan yang dibutuhkan untuk melengkapi surat permohonan Anda diantaranya :
  1. Surat Pernyataan dari ahli kecantikan bersedia sebagai penanggung jawab teknis salon kecantikan;
  2. Fotokopi Surat Izin Praktik Ahli Kecantikan;
  3. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter bagi semua karyawan salon kecantikan;
  4. Surat Pernyataan dari dokter konsultan di bidang kecantikan/medis;
  5. Fotokopi KTP setempat;
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  7. Fotokopi Surat Izin praktik yang masih berlaku (Tipe A);
  8. Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) jika perlu;
  9. Fotokopi Surat Izin Gangguan;
  10. Surat Keterangan Domisili Usaha dari kelurahan setempat;
  11. Surat Keterangan kontrak/sewa bagi yang mengontrak/menyewa (minimal 2 tahun) disertai fotokopi KTP pemilik bangunan.
Untuk salon yang sekedar sebagai tempat potong rambut saja, Anda bisa mengajukan surat permohonan izin pendirian barbershop (cukur/potong rambut) yang ditujukan kepada Gubernur atau Kepala Daerah Tingkat I, melalui Kepala Dinas Pariwisata, surat permohonan Anda harus dilengkapi dengan :
  1. Akta Pendirian Perusahaan bagi yang diselenggarakan oleh Badan Hukum dan atau KTP Pimpinan Perusahaan bagi yang diselenggarakan oleh Perorangan;
  2. Bukti status tempat dan kepemilikan yang jelas;
  3. Surat Pernyataan tidak keberatan dari lingkungan, dalam hal ini tetangga, yang diketahui RT/RW/Lurah/Camat;
  4. Surat Keterangan Domisili Perusahaan dari Lurah diketahui Camat setempat;
  5. Izin Undang-undang Gangguan/Izin Gangguan yang biasa disebut HO;
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak.
ANALISA USAHA
Analisis usaha sangat ditentukan oleh sekala usaha dapat didekati dengan kapasitas atau volume penjualan jasa per periode dan dan asumsi-asumsi yang dijadikan dasar perhitungan.  Sebagai simulasi, sekala usaha dan asumsi usaha salon yang disajikan ini adalah sebagai berikut:
  1. Usaha dilakukan di rumah sementara mengabaikan investasi untuk tanah dan bangunan,
  2. Modal usaha seluruhnya berasal dari modal sendiri (keluarga)
  3. Metoda penyusutan menggunakan metoda garis lurus
  4. Pajak PPH dan PPN diabaikan.
Investasi untuk peralatan
Peralatan yang diperlukan:
  1. Kursi salon 3 unit @ Rp 2,500,000,-
  2. Pemanas rambut 1 unit @ 2.000.000,-
  3. Pengering rambut 3 unit @ 250.000,-
  4. Tempat tidur untuk facial 2 unit @ 2.000.000,-
  5. Tempat untuk cuci rambut 2 unit @ 1.500.000,-
  6. Cermin di dinding 3 unit @ 1.000.000,-
  7. Troley untuk tempat peralatan 1 unit Rp 1.000.000,-
  8. Peralatan gunting, sisir, set manicure-pedicure, handuk Rp  2.000.000,-
  9. Lemari etalase  1 unit  Rp 2.750.000,-
Semua peralatan ini diasumsikan memiliki umur ekonomis selama 5  tahun
Pembelian bahan-bahan untuk salon habis pakai per bulan Rp 3.000.000,-
Biaya usaha per bulan
-  Listrik telepon dan air Rp 1.000.000,-
- Gaji beautician 3 orang @ Rp 1.000.000,-
- Biaya promosi Rp 1.000.000
- biaya lain-lain Rp 500.000,-
Perkiraan Pendapatan Per Bulan
Rata-rata per hari akan ada 10 orang pengunjung salon @ Rp 50.000,- untuk melakukan beberapa perawatan kombinasi dari gunting rambut, facial, manicure-pedicure dan cream bath.

No comments:

Post a Comment