Ada beragam cara untuk menarik perhatian masyarakat terhadap produk
bisnis atau promosi yang dipasarkan, satu diantaranya adalah dengan
memanfaatkan balon. Balon warna - warni memang lebih identik dengan
acara pesta, namun jika dibuat dan dibentuk menarik maka dapat menjadi
media advertisement yang cukup efektif. Banyak perusahaan telah
menyadari efektivitas pemakaian balon gas untuk menarik perhatian
khalayak ramai, khususnya ketika mereka sedang mengadakan event
tertentu. Sehingga hal ini berdampak semakin meningkatnya permintaan
balon gas.
Tak heran jika setiap minggu, para pelaku usaha ini kerap mendapat proyek, baik berupa penyewaan atau pembuatan balon promosi. Salah seorang yang sudah cukup lama terjun di usaha balon gas helium tersebut adalah Suyanto Priyadi. Bisnis pembuatan dan sewa balon tersebut sudah lima tahun yang lalu ia jalankan. Pria ini menawarkan berbagai macam jenis balon promosi, seperti balon udara berbentuk oval maupun kubus, balon berbentuk gerbang, balon tabung hingga balon tepuk untuk para supporter.
Tak heran jika setiap minggu, para pelaku usaha ini kerap mendapat proyek, baik berupa penyewaan atau pembuatan balon promosi. Salah seorang yang sudah cukup lama terjun di usaha balon gas helium tersebut adalah Suyanto Priyadi. Bisnis pembuatan dan sewa balon tersebut sudah lima tahun yang lalu ia jalankan. Pria ini menawarkan berbagai macam jenis balon promosi, seperti balon udara berbentuk oval maupun kubus, balon berbentuk gerbang, balon tabung hingga balon tepuk untuk para supporter.
Dari sekian macam bentuk balon, produk yang menjadi favorit dan sering
dipakai oleh perusahaan adalah balon udara raksasa yang memiliki dimensi
keliling lingkaran mencapai 12 meter (untuk balon oval) sehingga
menjangkau lebih luas karena dapat terlihat dari jarak yang jauh. Pada
balon tersebut ditempelkan brand atau materi promosi di dua sisi. Selain
yang berbentuk bulat, balon promosi yang berbentuk kubus pun sering
digunakan, terutama dengan dimensi 3meter x 3meter x 3meter. Dengan
berbentuk kubus, perusahaan dapat mencantumkan materi promosi pada
keempat sisinya. Balon raksasa untuk media promosi tersebut biasanya
mengudara pada ketinggian sekitar 20-30 meter dari permukaan tanah.
Para pelaku bisnis ini, terutama di kota-kota besar mematok rata-rata
harga sewa balon berkisar antara Rp5 juta–Rp10 juta, sedangkan untuk
pembuatan balon customize (dibentuk sesuai pesanan) di atas Rp15 juta
yang rata-rata lama pembuatannya sekitar satu minggu. Menurut pengakuan
salah seorang pengusaha, dalam sebulan, ia bisa mendapatkan 4-6 proyek
pembuatan balon promosi. Dan biasanya akan terjadi peningkatan
permintaan setiap akhir tahun dan moment hari raya tertentu.
Untuk meningkatkan omset bisnisnya, ia berusaha menyasar target pasar potensial, misalnya para event organizer, perusahaan properti, pelaku bisnis otomotif, serta Dinas Pariwisata setempat. Promosi bisnisnya lebih sering memanfaatkan media sosial, forum jual beli online, dan juga Linkedin.
Untuk meningkatkan omset bisnisnya, ia berusaha menyasar target pasar potensial, misalnya para event organizer, perusahaan properti, pelaku bisnis otomotif, serta Dinas Pariwisata setempat. Promosi bisnisnya lebih sering memanfaatkan media sosial, forum jual beli online, dan juga Linkedin.
Tantangan dan kendala yang sering dihadapi dalam menjalankan bisnis ini
adalah patokan harga yang tergolong tidak murah. Hal itu membuat calon
klien seringkali merasa kaget dan berpikir dua kali untuk menggunakan
media balon promosi tersebut. Oleh karena itu, harga perkenalan menjadi
kunci awal untuk menjaring klien. Sehingga untuk pemesanan selanjutnya
klien tidak akan kaget saat membaca surat penawaran yang diberikan.
Bidang bisnis ini di Indonesia boleh dibilang cukup cerah karena belum
banyak pemain yang bergerak di bidang ini, sehingga persaingannya tidak
terlalu ketat.
No comments:
Post a Comment