organ tunggal

Monday 25 April 2016

Usaha Pabrik Roti Rumahan

Usaha Pabrik Roti Rumahan

Membangun peluang usaha pabrik roti dengan skala rumahan bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang mencari bisnis yang menuntungkan. Usaha rumahan seperti ini termasuk kedalam kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlampau besar, dan dapat di jalankan lokasi dengan space terbatas, hanya dengan memanfaatkan dapur atau pun garasi rumah usaha ini sudah bisa berjalan mengingat peralatan berupa mesin yang di gunakannya tidak berukuran besar.
Usaha roti rumahan seperti ini juga dapat di jalankan di berbagai wilayah karena pangsa pasarnya yang cukup luas, tentunya pembaca semua pernah memperhatikan di warung-warung pinggir jalan, pastinya akan ada produk berupa roti ini di jajakan dengan berbagai rasa, seperti coklat, susu, moca dan lain sebagainya, di tawarkan dengan harga bervariasi dari mulai 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran.
Itulah salah satu hasil dari produk usaha roti kelas rumahan ini, umumnya mereka memasarkan rotinya dengan sistim titip jual, setiap hari akan ada petugas bagian memeriksa berapa roti yang laku terjual di hari sebelumnya, bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali jika stok roti di warungnya mulai berkurang.
Cakupan pemasarannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti yang di jalankan, yang kecil kecilan dengan daya produksi roti yang masih terbatas bisanya cakupan pemasaran hanya di sekitar wilayah produksinya, armada yang di gunakan untuk berkeliling pun bisa cukup menggunakan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.
Sedangkan untuk usaha pabrik roti rumahan yang sudah berskala lumayan besar, cakupan pemasaran mereka bisa lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun lebih besar, armada yang di gunakan untuk pemasaran pun biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pabrik roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kotaan.
usaha roti rumahan

Langkah Memulai Usaha Roti Rumahan

Tertarik dengan mode usaha seperti ini, paling awal yang harus di persiapkan adalah keahlian atau keterampilan cara membuatnya, baik itu di miliki sendiri ataupun dengan merekrut sumberdaya yang berpengalaman di bidang pembuatan roti.
Selanjutnya juga perlu di sediakan berbagai alat pendukung berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam penyediaan mesin inilah yang paling memakan banyak biaya atau modal usaha, karena harga dari tiap mesin lumayan cukup berharga tinggi, diantaranya yang biasa di gunakan adalah
  • Mixer, yang berfungsi untuk membuat adonan utama pembuatan roti.
  • Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, digunakan untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti sebelum masuk oven.
  • Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan membagi-bagi adonan roti agar ukurannya sama rata.
  • Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah terahir pembuatan roti
  • Berbagai alat pendukung lain, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain sebagainya.
Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merk pembuatannya, sebagai gambaran kisarannya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sehingga jika kita ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti ini, modal yang harus di persiapkan adalah antara 30 hingga 50 jutaan.
Cukup besar memang modal yang di perlukan, namun jangan dahulu berkecil hati jika budget modal usaha pabrik roti rumahan anda tidak sampai angka di atas. Yang kami ulas diatas hanyalah sebagai gambaran mesin pembuatan roti secara lengkap.
Sedangkan pada kenyataannya anda bisa saja membuka usaha ini hanya dengan cara manual yang bermodalkan oven roti saja, sedangkan peralatan lain bisa manfaatkan peralatan yang biasanya yang sudah terdapat di dapur rumah, seperti mixer dan peralatan lainnya. Karena pada dasarnya mesin-mesin diatas hanya bertugas membatu mempercepat produksi, walaupun nantinya akan di perlukan jika kapasitas produksi usaha anda sudah keteteran alias permintaannya sudah cukup besar.
baca juga artikel usaha rumahan sukses membuat aneka kue

Tips Menjalankan Usaha Roti Rumahan

Pada awal memulai usaha ada baiknya jika kita jalankan dengan modal bertahap, tidak perlu langsung membeli mesin dengan lengkap, kecuali anda sudah menganalisanya dengan pasti berbagi faktor dari bisnis pembutan roti rumahan ini.
Bisa kita coba terlebih dahulu membuatnya dengan skala kecil-kecilan sambil menganalisa labih lanjut faktor apa saja yang menjadi kendala serta pengembangan usaha kedepan. Warung-warung di sekitar rumah bisa kita jadikan bahan kajian dengan cara mencoba menitipkan beberapa roti hasil buatan kita, jika responnya baik kapasitas produksi bisa terus di tingkatkan.
Karena akan banyak faktor yang harus kita pelajari dalam menjalankan usaha roti rumahan ini, seperti harga jual, persaingan di pasar, juga target konsumen yang akan di bidik. Dengan mempelajarinya secara bertahap kita akan terhindar dari kemungkinan kerugian yang besar kedepannya.
Dan jangan lupakan kreatifitas juga di perlukan untuk bisa menciptakan roti yang bisa di sukai masyarakat, kita bisa kreasikan produk roti yang akan di pasarkan, seperti misalnya dengan membuat rasa roti yang unik dan belum ada di pasaran
Semoga Sukses….

1 comment:

  1. Banyaknya usaha pabrik roti saat ini kudu kerja keras karena roti tidak tahan lama

    ReplyDelete