USAHA WARNET [WARUNG INTERNET]
Kebutuhan masyarakat akan koneksi internet semakin tumbuh dan mengalami
peningkatan yang cukup signifikan, terutama setelah munculnya situs
jejaring sosial yang memungkinkan seseorang bisa berhubungan dengan
kerabat, saudara bahkan teman lama. Kebutuhan masyarakat akan internet
tersebut memberikan peluang yang baik untuk membuka usaha dibidang jasa
pelayanan koneksi internet. Walaupun saat ini berbagai jenis jasa
layanan koneksi internet tersedia dengan mudah dan cukup banyak; seperti
misalnya : wifi berbayar, usb modem, wifi via android, koneksi internet
langsung ke rumah, dll; namun warnet [warung internet] tetap masih
memiliki peluang pasar yang cukup banyak peminatnya. Usaha Warnet
[warung internet] akan ramai dengan pengunjung dan peminat jika
lokasinya di tempat yang mudah di jangkau oleh sejumlah orang yang
memilki kebutuhan internet dimana layanan jenis lainnya tidak tersedia
dengan baik; misalnya : di ibukota kecamatan, didesa yang ramai
penduduknya, didekat sekolahan atau kampus perguruan tinggi, di dekat
terminal bus, di lokasi tempat wisata, dll. Di lokasi tempat wisata
apalagi yang sering dikunjungi oleh wistawan dari luar negeri akan
memilki peluang yang sangat baik, karena biasanya wistawan luar negeri
sering berhubungan dengan dengan keluarga atau kerabatnya via internet.
Secara umum para pengguna internet yang akan mengarah pada penggunaan
jasa layanan warnet adalah para mahasiswa, pelajar, remaja atau anak
muda, wisatawan luar negeri, atau orang yang memilki hobi tertentu yang
membutuhkan koneksi internet, dll.
Untuk memulai Usaha Warnet tentu saja diawali dengan memilih tempat yang
paling sesuai untuk dibukanya sebuah Warnet seperti yang telah
dijelaskan sebelumnya. Pilih tempat dengan kapasitas ruangan yang
memadai untuk diisi dengan sejumlah 5 sampai dengan 10 buah space
layanan internet. Selanjutnya adalah menentukan sumber koneksi internet;
pilih sumber koneksi internet yang memadai baik dari segi harga,
kecepatan maupun layanan. Sumber koneksi internet yang saat ini dikenal
dan sudah umum digunakan untuk paket Warnet adalah Speedy dari Telkom.
Sumber ini menyediakan paket khusus untuk Warnet. Setelah mengetahui
harganya serta kelebihan dan kekurangan paket sumber layanan koneksi
internet yang akan digunakan, maka dilanjutkan dengan menentukan semua
hardware yang akan digunakan dan harus dibeli untuk fasilitas Warnet.
Hardware tang biasanya digunakan untuk sebuah warnet akan terdiri dari
sebuah Komputer Server, Komputer Admin, Komputer Client, dan semuanya
kemudian dikoneksikan dengan menggunakan jaringan LAN. Dalam beberapa
kasus Komputer Client ada yang digantikan dengan menggunakan Thin Client
atau disebut juga dengan PC Station dengan lasan lebih ekonomis.
Spesifikasi untuk Komputer Server tentu saja harus cukup baik terutama
dari segi memory; karena akan digunakan untuk melayani sejumlah client
yang terkoneksi. Didalam Komputer Server akan diinstal beberapa Software
sebut saja OS Server, Billing Application, Server Administrator; dll.
Sedangkan Komputer Admin akan digunakan untuk Administrator dalam
memonitor dan mengendalikan koneksi Client terhadap jaminan layanan
koneksi internet; dll. Untuk hardware jaringan LAN akan dibutuhkan Kabel
LAN, Switchhub, Router, Repeater, Access Point, Firewall atau Hardware
dan Software Mikrotik. Sebaiknya untuk instalasi Hardware dan Software
diserahkan pada akhlinya; karena hal ini juga kan menyangkut tentang
Security. Perlu diperhatikan bahwa didalam Komputer Server perlu
diinstal beberapa Software yang akan dibutuhkan oleh Client sebagai
Tools untuk layanan koneksi internet; misalnya saja berbagai jenis
Browser versi terbaru; Downloader, PDF Reader, dll. Koneksi internet
Dan jangan lupa kita juga harus menyediakan beberapa hardware tambahan;
misalnya : printer, scanner. dll. Kita juga bisa melakukan perbandingan
antara harga dan spesifikasi hardware dengan cara memperhatikan paket
hardware untuk warnet yang saat ini banyak ditawarkan. Tidak ada
salahnya jika kita memilih satu diantarnya, karena biasa termasuk
instalasi dan jaminan selama lebih dari 3 tahun.
Tahap berikutnya adalah membenahi ruangan untuk layanan pengunjung dalam
menggunakan jasa koneksi internet. Setiap perangkat layanan yang
terdiri dari Kompueter, Monitor, Mouse, Keyboard, Headset dan Camera Web
disediakan dan ditempatkan dalam kabin yang diberi penyekat untuk
memberikan privasi kepada pengunjung. Kita harus menentukan untuk setiap
kabin apakah akan menggunakan kursi dan meja atau gelaran di lantai
dengan diberi alas karpet. Pada umumnya banyak kabin Warnet yang gelaran
dilantai dengan diberi alas karpet, dengan alasan lebih ekonomis dan
memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Kita juga sebaiknya menyediakan
semacam ruang tunggu dimana pengunjung bisa duduk menunggu antrian
atau mereka bisa menggunakan gadget-nya unuk koneksi ke wifi berbayar.
Sebagai tambahan pelayanan kita bisa saja menyediakan minuman ringan
dalam lemari pendingin, sehingga jika pengunjung ingin minum tidak perlu
keluar dulu untuk membelinya.
Tarif penggunaan jasa layanan internet di beberapa Warnet saat ini dalah
sekitar Rp. 5000,- [lima ribu rupiah] per jam. Sedangkan biaya paket
koneksi internet ke sumbernya untuk layanan koneksi paket Warnet
berkisar antara Rp. 750.000.- sampai Rp. 1000.000,- per bulan. Sehingga
kita bisa menghitung perkiraan jumlah pengunjung minimal per harinya.
Jika jumlah pengunjung kurang dari target minimal, maka sebaiknya kita
segera melakukan strategi pemasaran dan promosi yang lebih gencar untuk
meningkatkan jumlah pengunjung. Namun sebaliknya apabila jumlah
pengunjung selalu melebihi kapasitas maka kita harus mengambil langkah
langkah untuk peningkatan kapasitas, namun harus dilakukan dengan cermat
karena dengan penambahan kapasitas artinya adalah investasi baru.
Promosikan Warnet dengan berbagai cara; antara lain pasang papan nama
tau spanduk didepan Warnet dengan dituliskan juga layanan yang bisa
diberikan; misalnya : Browsing, Email, Facebokk, dll. Buatlah brosur
yang mencantumkan nama Warnet; jenis layanan; alamat; dll. Sebarkan
dengan menggunakan jasa tukang parkir; tukang antar koran; dll.
Hal lain yang harus diperhatikan dalam menjalankan Usaha warnet [Warung
Internet] adalah menangani keluhan pengunjung. Setiap keluhan atau
komplain atau keinginan pengunjung harus kita catat. Keluhan atau
komplain yang bisa segera diselesaikan tentu saja harus diselesaikan
dengan secepatnya. Karena dalam menjalankan usaha warnet merupakan usaha
yang mengandalkan jumlah pengunjung dan bukan merupakan kebutuhan
primer dari sudut pandang pengunjung, maka kita harus benar benar
berorientasi pada kepuasan pelanggan. Sedangkan keluhan atau komplain
yang penyelesaiannya membutuhkan waktu maka kita harus membuat rencana
atau jadwal untuk melakukan penyelesaian. Dan bahkan ada kemungkin
beberapa keluhan harus diselesaikan dengan menimbulkan kebutuhan biaya
baru, maka kita harus mepertimbangkannya dengan membandingkan antara
manfaat atau benefit dengan biaya yang akan dikeluarkan. Pendek kata
kita harus berupaya memuaskan pengunjung sehingga mereka akan kembali
lagi ke tempat kita jika mereka ada kebutuhan. Beberapa keluhan
pengunjung yang biasanya muncul antara lain : virus, spam, koneksi
lambat, beberapa situs tidak bisa diakses, tidak bisa print, sulit
upload, dll.
No comments:
Post a Comment